Sunday, August 12, 2012

Tutorial - Membuat Wajah Karakter

2.57 AM
dan saya belum tidur sejak tadi. Yuk, daripada nganggur, saya mau bagi bagi tutorial sederhana. Membuat gambar seperti ini..
Yang dibutuhkan:
1. Kemauan
2. Laptop/PC
3. Software CorelDraw, apapun versinya
4. Makanan dan minuman hehe, ga perlu kok

Menurut kalian, gambar di atas itu gimana? Sederhana sekali kan? Sangat sederhana kalau digambar di atas kertas. Kalau pake komputer? Sederhana juga kok. Begini langkah langkahnya :)


1. Buka CorelDraw, lalu buat lingkaran. Biar lingkarannya bunder pas, caranya tekan Ctrl sambil kamu buat lingkarannya. Kalau uda jadi, fill deh dengan warna kulit.
2. Setelah itu, buat mata dari dua buah lingkaran. Kecil aja, lalu kasih warna hitam. 
3. Langkah selanjutnya, buat mulutnyaa :) Tapi ini ada prosesnya, hehe. Pertama bikin dulu persegi panjang, lalu kamu fill dengan warna mulut. Habis itu, kamu klik kanan di persegi panjang itu tadi, dan klik Convert to Curves. Ngapain harus diginiin dulu? Karena kita mau bikin bentuk mulut yang ga kaku, jadi shapenya kita ubah jadi curves dulu, baru deh bisa dibentuk sesuai yang kita inginkan.
4. Habis itu, kamu klik bagian bawah tengah, lalu klik kanan, dan klik To Curve.
5. Setelah itu tarik ke bawah dan jadilah melengkung seperti gambar di bawah.
6. Lalu klik pada node di pojokan, klik kanan dan klik Delete. Ya, kita akan menghapus node tersebut. Lakukan pada pojokan satunya. (Bahasanya amburadul banget :p)
7. Sesudah menghapus kedua node di pojok, sekarang arahkan kursor di bagian bawah tengah lagi, klik kanan dan klik Add. Kita akan menambahkan node disana.
8. Lalu tarik ke atas sehingga terbentuk seperti ini. Pindah ke gambar lingkaran wajah tadi. Jadilah mulut.
9. Buat lingkaran lagi, yang lebih besar dari wajah, lalu klik kanan pada objek, pilih Order, dan To Back of Page. Dan jangan lupa, di Convert to Curves juga ya..
10. Letakkan lingkaran yang lebih besar tadi di tengah2 lingkaran wajah. Caranya klik kedua objek (lingkaran besar dan lingkaran wajah), lalu tekan C dan E pada keyboard.
11. Lalu bentuk lingkaran besar tadi menjadi pola rambut, caranya? Tarik tarik geser geser sehingga membentuk seperti ini.
12. Membuat poni :D Hahaha.. Buat persegi panjang terlebih dahulu, lalu Convert to Curves. Setelah menjadi bentuk curves, klik bagian atas tengah, klik To Curve dan tarik ke atas supaya melengkung.
13. Membuat helai rambut, klik Add pada bagian bawah untuk menambah node.
14. Tambahlah beberapa node (jangan hanya satu), lalu bentuk menjadi seperti ini dengan cara tarik tarik geser geser :p
15. Lalu pada bagian tengah garis, klik kanan, dan klik To Curve untuk membuatnya menjadi melengkung.
 16. Bentuklah menjadi seperti ini.
17. Lalu pindahkan objek poni tersebut ke objek wajah.
18. Atur agar wajahnya proporsional, misalnya membesarkan bola mata, dan merapikan tatanan rambutnya hingga menjadi seperti ini..
SELESAI :D
Bagaimana? Gampang kan? Hmm, ini tutorial pertama dari saya. Memang sederhana banget. Kalau kamu mau request tentang tutorial lain, bisa dicomment di sini. Kalau saya bisa, pasti saya share :)
Thanks for visiting..

4 comments:

  1. Ossy, , ,
    Gambarnya dikompres biar loading page-nya cepet :)

    ReplyDelete
  2. oohh..
    maaf2.. hehe, soalnya ni loadingnya di laptopku cepet (mungkin karena emg gambarnya dari sini ya..)
    emang disitu lama ta loadingnya?
    saran diterima :)

    ReplyDelete
  3. hehe, sudah dicoba dipraktekkan belum?

    ReplyDelete