-->

Saturday, January 7, 2012

Lomba Desain Poster Batik
Pagi, semua.


Ada beberapa rangkaian kata-kata yang mau saya bagikan ke temen-temen. Kalau mau dapet bagian sih, hehehe. Ceritanya ya hampir seperti curhat gitu. Tapi tenang aja, bukan curhat yang mendayu-dayu kok. Ga kaya' di sinetron sinetron gitu, hehehe.


Hmm, beberapa minggu yang lalu, saya yang waktu itu lagi iseng-iseng buka google, ngetik info-lomba.com dan saya menemukan 1 lomba yang membuat saya tertarik untuk mengikutinya. Ini dia poster lombanya.



Akhirnya, saya memutuskan untuk ikut lomba itu. Iseng-iseng aja, kalau ga lolos ya gapapa (lagipula saya juga belum pernah merasakan namanya ikut lomba seperti itu), tapi kalau lolos ya alhamdulillah banget. Lihat aja tuh nominal uang yang tertera di PRIZE. Juara I 2juta rupiah, lumayan banget kan, apalagi buat mahasiswa. Hehehehe..

Mulailah saya membuat desain batiknya. Saya terinspirasi dari salah satu baju batik yang ada di lemari saya, dan desain awalnya (batiknya doang) seperti ini.


Dari situ, saya punya inisiatif untuk membentuk batik yang tadi biasa aja jadi seperti ini. Coba perhatikan garis putih di dalamnya. Membentuk sebuah outline dari gambar bunga.


Setelah itu, saya crop deh, lalu ditambah dengan tipografi pada batang dan daunnya, akhirnya jadi seperti ini.


Oke. Desain buatan saya itu lalu saya kirimkan ke email yang tertera di poster. Pertamanya sih sempet rada kaget juga. Persyaratan mengirim desain tersebut adalah dikirim berupa softfile mentah format CDR/PSD serta softfile picture JPEG/PNG ukuran MINIMUM A4 dengan resolusi 3543 x 5011 pixels (800 dpi). Gede lo itu, ukuran file JPEG nya 2,47 Mb. Sebenernya ga terlalu gede ya? Sayangnya.. Email yang buat receivernya itu, pake yahoo! Duh ilee...

Emangnya what's wrong with yahoo mail? Hmm, ga ada sih. Lhoh, kok ga ada? #aneeh.

Simpen dulu pertanyaannya, karena sebentar lagi akan terjawab dengan sendirinya :p
Saya mengirim softfile desain itu tanpa curiga sedikitpun, sebelum deadline. Iyalaah, ngapain curiga gitu neng? wkwk.

Hari-hari berjalan seperti biasanya. Kuliah lagi, banyak tugas lagi. Membuat saya sedikit melupakan lomba desain ini. Dan akhirnya, mungkin tanggal 21 Desember (sesudah deadline itu), saya baru buka email saya lagi, (pake gmail gitu), dan saya mendapatkan 1 email baru dari.. MAILER-DAEMON. Apa itu MAILER-DAEMON? Bisa temen-temen baca di sini.

Apa??? Kenapa bisa seperti itu? Menurut pengalaman saya selama kuliah, dalam proses tugas menugas - kirim mengirim - email emailan (apaan sih?), mengirim tugas menggunakan yahoo mail, atau ke alamat yahoo mail, itu sangat rentan dan riskan sekali untuk tidak bisa terkirim. Alasannya apa? Saya belum menyelidiki sih.

Jadi ini lain cerita, waktu itu saya dapat tugas Pemrograman Terstruktur. Tugasnya ngoding gitu. Dan hasilnya dikirim ke email asisten dosen. Waktu itu saya ngirimnya pake yahoo mail. Alhasil apa? Saya dapat surat cinta dari MAILER-DAEMON. Kata temen saya, makanya kalau yang kaya' gituan pake gmail aja, lebih aman, gitu.

Naaahhh.. kembali ke masalah utama. Jadi, desain saya ga terkirim? Ampun deh, kaya'nya saya jadi kalah sebelum berperang gitu. Baru masuk pintu gerbang, eh pintunya nutup dan saya terlempar jauh-jauh (hiperbola banget). Ya udahlah, mau gimana lagi. Mungkin emang saya disuruh latihan yang banyak dulu ya, biar kalau ada lomba-lomba gitu lagi saya bisa ikutan lagi.

Dan yang pasti, biar bisa dijadikan pengalaman juga buat saya. Juga, supaya bisa di share kan ke temen-temen semua.

Oke, sekian aja dari saya pagi ini. Selamat tidur lagi. Hahaha. Gak lah. Selamat beraktivitas. Bisa di komen juga atau share pengalaman. See you all :)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

4 comments:

  1. salam hangat sesama blogger/designer..aku juga pecinta designgraph, visit back ya http://hanafiberbagi.blogspot.com/
    :)

    ReplyDelete
  2. terimakasih sudah mampir blog ini :)
    iya sudah saya kunjungi, bagus blognya..

    ReplyDelete
  3. pengen mahir gambar kayak mbak ossy.....
    gambarnya bagus2....

    ReplyDelete

Contact Us

Email :

mentaryglossyta@gmail.com

Pages

Featured Listings