Monday, January 30, 2012

Evaluasi Semester 1

Kalau di post-post awal dulu, saya menulis tentang gambaran mata kuliah yang akan saya pelajari di semester satu, sekarang karena semester satu sudah berakhir, saya akan menulis tentang gambaran mata kuliah yang sudah saya pelajari di semester satu ini.


Yang pertama yaitu BAHASA INGGRIS.
Mata kuliah ini terdiri dari 2 sks, dan materi yang diajarkan ga jauh-jauh dari materi TOEFL. Memang, mata kuliah Bahasa Inggris ini ada untuk mempersiapkan mahasiswa supaya lebih matang dalam mengerjakan TOEFL nantinya, kenapa? Karena kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris  sangat dibutuhkan. Dan juga, nilai TOEFL menjadi salah satu tolak ukur kelulusan mahasiswa di ITS.


Yang kedua yaitu ALJABAR LINEAR.
Mata kuliah ini terdiri dari 3 sks. Secara garis besar mempelajari tentang matematika, terutama aljabar. Aljabar yang diajarkan lebih terperinci dibanding SMA. Aljabar Linear (atau biasa disingkat Alin) mempelajari tentang matriks, determinan matriks, vektor (seperti halnya SMA), namun ada juga materi baru seperti eigenvalues (yang asyik banget dipelajari dan berguna buat kehidupan sehari-hari lo). Untuk bisa membangun jembatan yang kokoh, terhindar dari ambruk dan roboh, ternyata juga mempertimbangkan eigenvalues.


Yang ketiga yaitu PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR.
Dulu di awal semester saya menyebutnya dengan mata kuliah "dewa". Wah, ternyata benar-benar "dewa" mata kuliah ini. Mata kuliah yang biasa disingkat menjadi PT ini adalah mata kuliah dasar di Teknik Informatika. Kalau sudah bisa ngoding (membuat program), maka materi lain akan nyambung juga pastinya. Karena di semester 2 ada mata kuliah Algoritma dan Struktur Data yang juga menuntut mahasiswa untuk bisa ngoding. PT menggunakan bahasa pemrograman C sebagai compiler dan pusat ngoding mengoding (aduh bahasanya awut awutan).


Yang keempat yaitu SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI.
Mata kuliah ini dulu disebut sebagai mata kuliah hiburan oleh salah satu dosen saya. Saya yang sudah menjalaninya selama satu semester, hmm, baru menyebut mata kuliah ini sebagai mata kuliah hiburan pada akhir-akhir semester. STI - begitu mata kuliah ini akrab dipanggil - memang sangar pada awal-awalnya, terutama untuk saya yang agak gagap teknologi. Saya memang mengerti komputer, tapi ya cuma sekedar mengerti. Beda dengan teman-teman sekelas yang, wow, pengetahuan tentang komputernya sudah sangat luas. Materi awal STI adalah mempelajari tentang seluk beluk komputer, jaringan, hardware dan softwarenya. Saya agak minder juga waktu tau kebanyakan teman-teman yang lain udah cas-cuss banget kalau ngomongin masalah begituan. Tapi.. pada akhirnya materinya bisa saya ikuti. Yah, kebanyakan STI itu hampir sama seperti pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada waktu sekolah dulu kok :)


Yang kelima yaitu SISTEM DIGITAL.
Mata kuliah yang terdiri dari 4 sks ini dan dulunya saya juga menyebutnya sebagai mata kuliah "dewa" ternyata asyik banget buat diikuti materinya lo :) Materi yang diajarkan benar-benar baru. Seperti diajak memasuki dunia lain penuh teknologi begitu. Benar-benar abstrak kalau dilihat awalnya. Sistem Digital mempelajari tentang "dalamnya" komputer. Bagaimana rangkaian awalnya sehingga terbentuklah suatu komputer. Di sini diajarkan tentang gerbang logika, rangkaian gerbang logika, dll. Pokoknya asyik dan menantang. Hahaha.


Yang terakhir adalah KALKULUS I.
Bersyukur di mata kuliah ini tidak ada yang abstrak. Isinya hitung-hitungan aja, seperti pelajaran matematika waktu SMA gitu. Materinya kebanyakan tentang diferensial dan integral. Pokoknya tidak jauh berbeda dengan materi SMA, dan disertai tambahan materi yang lebih mendalam tentang itu.


Begitulah 6 mata kuliah yang sudah saya lalui di semester 1 ini :)
Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment