-->

Friday, January 6, 2012

Kuliah di Teknik Informatika ITS itu..
Well, aku cuma mau sharing aja nih, gimana sih rasanya kuliah di jurusan Teknik Informatika ITS. Mungkin aku akan mencoba membandingkan persepsi awalku dengan apa yang benar-benar aku jalani sekarang.

Saat ini, teman-teman, aku tercatat sebagai mahasiswa Teknik Informatika ITS angkatan 2011, itu berarti aku masih menjalani hampir 1 semester di jurusan ini. Dan sekarang sih, kebetulan lagi UAS. Mohon doanya ya *numpang :p


Oke, sebelumnya aku mau cerita kenapa bisa aku kesasar, maksudku melanjutkan studi di jurusan ini. Jujur, aku tidak punya bakat yang mendukung kehidupanku selama perkuliahan :p Tapi, aku hanya berbekal minat dan keinginan.

Yaaa, kenapa bisa ingin?

Nah.. itu pertanyaan sulit :p
Mungkin ini beberapa alasan :
  • Punya om yang dulunya kuliah di ITS, entah kenapa jadi jatuh cinta pada ITS juga
  • Suka main komputer. Ehm, digarisbawahi ya, main. Jadi ya cuma main-main aja. Ga ada ilmu pemrograman atau apalah yang udah ku kuasai.
  • Teknik Informatika ITS itu punya passing grade tertinggi di ITS, kalau dibandingin sama kedokterannya UNAIR ato unversitas di Jatim, bersaing ketat lah passing gradenya.
Nah itu alasannya :)
Aku sih hanya berbekal keyakinan kalau aku pasti bisa masuk ke jurusan ini, dan alhamdulillah aku diberi jalan setelah lolos SNMPTN Undangan.

Dan dimulailah kehidupanku di Jurusan favorit di ITS ini..

Semester awal ini, aku mendapat 6 mata kuliah, yang keseluruhan SKS nya ada 18. Mata kuliahnya sudah aku jabarkan di postinganku yang terdahulu (beserta review dari masing-masing mata kuliah itu). Syukurlah, dari 6 mata kuliah itu, tidak ada pelajaran FISIKA! Hehehe.. Berbeda dengan jurusan lain yang pada semester 1 masih berkutat dengan pelajaran Fisika Dasar, Kimia Dasar, dan pelajaran IPA yang dulu dipelajari saat SMA, di Informatika tidak. Mungkin pelajaran SMA yang dipelajari lagi (secara lebih mendalam tentunya) adalah matematika dan TIK.

Kuliah di Teknik Informatika itu lebih banyak mengandalkan logika. Contoh, sebut saja mata kuliah Sistem Digital. Mata kuliah ini membahas tentang internal komputer. Rangkaian-rangkaian yang digunakan untuk membentuk suatu alat digital juga dipelajari di sini. Namun rangkaian yang dimaksud bukan rangkaian listrik seperti yang dipelajari di Teknik Elektro. Rangkaiannya adalah rangkaian gerbang logika. Saat SMA, pada pelajaran matematika, ada materi logika. Di materi itu, ada yang namanya AND, OR, dan sebagainya. Itu adalah modal awal dalam kuliah ini. Mata kuliah Pemrograman Terstruktur juga membutuhkan permainan logika. Bagaimana kita membuat suatu program, mencari dan menyusun algoritma (cara/langkah-langkah membuat sesuatu), sehingga menghasilkan sebuah program.

Kuliah di Teknik Informatika itu harus siap untuk begadang! Hahaha.. Enggak juga sih. Intinya kudu bisa membagi waktu. Memang, kuliah itu berbeda dengan SMA. Waktu SMA jadwal masuk dan pulang sekolah sudah diatur, dan sama setiap hari (misalnya). Sedangkan kuliah? Memang tidak masuk dari pagi sampai sore, namun jangan kira dengan waktu kuliah yang lebih sedikit dibandingkan waktu sekolah kita jadi punya banyak waktu untuk bersantai. It's a BIG BIG NO!

Mengerjakan Laporan Pendahuluan Praktikum Sistem Digital
Perlu diingat, saat kuliah, ada yang namanya TUGAS. Tugas disini berbeda dengan SMA. Contohnya begini, sehari ada 3 mata kuliah, Pemrograman Terstruktur, Sistem Digital, dan Sistem Teknologi dan Informasi. Nah, bapak dosen Pemrograman Terstruktur memberi tugas untuk mengerjakan soal-soal pemrograman (atau bahasanya : ngoding), dikumpulkan minggu depan. Bapak dosen Sistem Digital, memberi tugas untuk membuat rangkaian flip-flop, dikumpulkan dua hari lagi. Dan bapak dosen Sistem Teknologi dan Informasi menugaskan untuk membuat kelompok dan presentasi minggu depan. Wow. Mana yang dikerjakan lebih dulu? Itu pinter-pinternya kita bagi waktu sendiri. Apalagi kalau pas udah mendekati akhir semester, kuliah di Teknik Informatika itu rasanya seperti kita diperebutkan oleh masing-masing mata kuliah. Memperebutkan kita?

Ya. Pemrograman Terstruktur dan Sistem Digital mengadakan praktikum. Dan biasanya, soal pendahuluan (soal yang harus dikerjakan sebelum praktikum), itu banyak banget. Ditambah dengan tugas-tugas kita yang lain. Jadi yaa.. harus bisa me manage waktu.

Ada lagi yang namanya FP, yaitu Final Project. Yang ada Final Project di semester 1 ini ya cuma dua mata kuliah di atas itu. Final Project itu semacam tugas akhir, yang harus dikerjakan di akhir semester. Final Project Pemrograman Terstruktur (tergantung dosennya) adalah membuat program Notepad. Pasti pada tau dong notepad itu apa. Ya.. program yang bisa buat nulis, dan tampilannya simpel kan :) Tapi bikinnya itu, ga se simpel hasil akhirnya. Heheheh.

Dan Final Project Sistem Digital (dibagi kelompok2 gitu, masing-masing kelompok judulnya beda) adalah Lampu Hias. Lampu hias yang kaya' waktu tujuhbelasan, atau tahun baruan, ya gitu. Jadi ceritanya kita disuruh bikin rangkaiannya.

Apakah kelihatannya sumpek? Suram?
Weeittss, tunggu dulu.

Kuliah di Teknik Informatika itu juga menyenangkan lho! Kok bisa? Tentu saja. Kita di sini diajari banyak banget ilmu yang berguna untuk diterapkan saat kita lulus kuliah nanti. Lulusan Teknik Informatika itu sangat dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia maupun di seluruh dunia. Dan juga, ilmu yang kita dapat juga tentunya bisa dijadikan modal kalau kita mau jadi seorang entrepreneur :)

Selain itu, gedung Teknik Informatika ITS juga bagus :) wkwkwk. Dan didukung dengan ruang kelas yang modern, laboratorium-laboratorium (biasanya untuk praktikum dan pengembangan) dan ruang baca yang menyediakan buku-buku yang penting untuk perkuliahan.

Mahasiswa-mahasiswi Teknik Informatika ITS juga asyik-asyik dan saling kompak satu sama lain. Sejak awal kita masuk ke jurusan ini, kita diwajibkan untuk mengenal (awalnya) satu angkatan, baru lanjut ke angkatan atas, dan juga seluruh elemen di jurusan ini. Tujuannya, untuk dapat saling membantu dan menyupport satu sama lain, dan juga untuk dapat menciptakan suasana kampus yang menyenangkan.

Pokoknya ga nyesel deh kalau kuliah di jurusan ini. Teknik Informatika ITS :D
Kalau mau lihat profil jurusan Teknik Informatika ITS, klik link ini ya :)
https://www.youtube.com/watch?v=kz35tfgB2Cc

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

23 comments:

  1. bleh sharing ttg FP mu yg pemrograman terstruktur tuh gk? aku pngen tau kodingx sdikit cz aku jg dari teknik informatika tp dr unversitas Brawijaya malang :)

    ReplyDelete
  2. Saya adalah Maba Teknik Informatika ITS 2013. Berkat Blognya mbak, aku jadi tau gambaran Teknik Informatika ITS. Thanks mbak :D

    ReplyDelete
  3. sama sama dek Rizqi, senang sudah berkunjung ke blog saya. dimantapkan ya! sebagai maba Teknik Informatika ITS, semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mbak. Nanti kira2 di kurikulum 2013 Mata Kuliahnya ada perubahan gak, mbak?

      Delete
  4. Salam kenal mbak.. saya maba 2013 di teknik informatika ITS. Sama spt mbak sya jga suka main komputer ya tp hny sekedar main tidak sampe mendalam.

    Klo bleh saya minta saran/tips mbak gmana carany supaya bsa cepat beradaptasi ato tdk kalah saing ama teman2 lain yg mngkn sudah tw lebih bnyk tentang komputer?

    Terimakasi sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal dek Sahala, selamat sudah diterima di TC ITS (TC itu Teknik Computer - nama bekennya Teknik Informatika ITS).

      kuliah di TC ga menuntut pengetahuan kamu ttg komputer kok dek, tapi lebih ke logika berpikir. nanti km di semester awal, akan ada mata kuliah yg sangat dasar yaitu Pemrograman Terstruktur. mata kuliah penting yg harus sangat kamu kuasai. jadi, waktu kamu di semester awal itu adalah saat yg tepat untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya.

      perbanyak latihan :) ada situs latihan pemrograman yang populer, yaitu spoj.pl / spoj.com, waktu km uda dapat dasar pemrograman di mata kuliah Pemrograman Terstruktur td, sering2 mampir ke situs tadi ya.
      dan cara yg ampuh, adalah kenal teman seangkatan dan senior sebanyak2nya. kenapa? krn waktu kamu kesusahan, banyak orang yg bisa kamu tanyain.

      mungkin itu aja tips2nya. selebihnya kamu akan tahu kalau kamu sudah "nyebur" di dalamnya. semangat!

      Delete
  5. Tunggu aku di jurusan IT di ITS kaka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kutunggu ya dek Intan :)
      sekarang kelas brp dek?
      ikutan SCHEMATICS yuk biar bisa diterima sebagai maba Teknik Informatika tanpa tes! kunjungi webnya di schematics-its.com

      Delete
  6. Nyasar kesini setelah cari2 alamat jurusan TC ITS. Salam kenal, aku alumni TC ITS juga (C-12). Selain hard skill, asah juga softskill seperti bahasa inggris, presentation skills dan ikutan lomba2 kalo bisa. Supaya nilai jual kita tinggi saat kita mau apply kerja. Sukses selalu.

    Aris Kumara (C-12)
    IBM Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, ada alumni TC juga akhirnya :)
      salam kenal, saya angkatan C1B, hehehe.
      terimakasih banyak tips-tipsnya, setuju banget, saya jg lagi berusaha ikut lomba-lomba ini mas (boleh saya panggil dengan sebutan mas?)
      kalau boleh tau, kalau saya mau apply juga ke IBM, syarat2nya seperti apa ya nantinya? terimakasih banyak, senang atas kunjungannya ke blog ini :)

      Delete
  7. Halo kk saya maba tc dari 21D :D
    cuman mau bilang trimakasih atas sharingnya kk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok samasama, selamat menjalani kuliah di TC :D
      semoga sukses.

      Delete
  8. kak boleh tau ngga, dulu nilai rata rata rapornya berapa? hehe
    soalnya aku juga niat pengen ke teknik informatika ITS, tapi nilaiku ngga bagus bagus bgt, kira kira bisa lolos ga ya?? :/

    ReplyDelete
  9. kaaaaak aku abis lolos snmptn ke tc :D mohon bantuannya ya suhu!

    ReplyDelete
  10. kak, mau tanya dong.
    aku pengen masuk ke T Informatika ITS..
    nah, nilai pelajaran apa saja yang jadi patokan buat bisa masuk Tehnik Informatika ITS ?

    ReplyDelete
  11. Kalo ada yang mau coba/tertarik berkarir sebagai Web/Desktop programmer .NET di salahsatu perusahaan industri makanan di Jakarta boleh kirim cv ke syusuf@forisa.co.id paling telat 1 Mei 2015

    ReplyDelete
  12. kak kriteria agar bisa masuk Teknik Informatika ITS apa ?

    ReplyDelete
  13. Yang berminat bekerja di perguruan tinggi menjadi tenaga IT silahkan Hub saya 085648432755 segera. PTS Farmasi surabaya.

    ReplyDelete
  14. Yang berminat bekerja di perguruan tinggi menjadi tenaga IT silahkan Hub saya 085648432755 segera. PTS Farmasi surabaya.

    ReplyDelete

Contact Us

Email :

mentaryglossyta@gmail.com

Pages

Featured Listings