Wednesday, February 29, 2012

Pertama Buat Saya - di TC

Akhirnya.. setelah lebih dari 1 semester saya berada di TC ITS - angkatan 2011 - saya mendapat hadiah yang sama sekali tidak saya duga dan bayangkan sebelumnya.


Hmm, masih ingat postingan saya sebelumnya, yang judulnya complicated but not very complicated itu? Di situ kan saya tulis ada presentasi PKM blablabla.. Saya mau cerita dulu deh. Kemarin (28-02-2012) saya baru presentasi PKM saya di hadapan 2 orang dosen TC ITS. Keduanya, masih sangat muda dan obrolannya asik banget. Saya bersama teman 1 kelompok PKM saya - namanya Yoga Dewangga - yang sejujurnya tak lain adalah sang pujaan hati saya sendiri (hehehe) - melakukan presentasi itu dengan lumayan deg-degan. Apalagi saat kami ditanya macam-macam oleh dosen. Gimana cara kerja alatmu ini, gimana nanti implementasinya? Blablabla.. Untungnya aja si Yoga bisa jawab, meskipun masih mendapat beberapa sanggahan dari dosen. Sekedar diketahui saja, saya bikin PKM itu intinya adalah pengimplementasian sebuah alat pendeteksi pengemudi mabuk dan mengantuk - menggunakan sensor mata - yang nantinya akan dipasang di mobil-mobil dan kendaraan roda 4 lain. Naaaah.. setelah beberapa menit berlalu, akhirnya presentasi tersebut berakhir. Saya sudah berpikir, tentu saja akan banyak kurangnya PKM kami ini, karena sebenarnya kami juga sedang melakukan perbaikan dan perubahan di beberapa isi.

Hari ini (29-02-2012) saya dapat jarkom (semacam informasi yang disampaikan melalui sms - biasanya informasi yang berhubungan dengan kegiatan dan perkuliahan angkatan TC 2011) yang isinya memberitahukan akan ada evaluasi PKM GT dan juga pengumuman pemenang PKMGT.com.
Waww! Terus terang saya terkejut. Perasaan baru kemarin presentasi, sekarang sudah diumumkan gimana hasilnya. Deg deg deg..
Saya pun datang ke TC dengan seorang teman baik, namanya Shintya. Kami langsung menuju ke tempat acara, dan acaranya sudah dimulai.. Hehehe. Kami telat, tapi tidak masalah, karena masih ada beberapa anak yang baru datang setelah kami :p
Acara diisi oleh seorang pemateri, senior dari TC juga. Kata Shintya, namanya Mas Geges (entah benar tidak?). Masnya menerangkan tentang bagaimana struktur penulisan PKM GT yang benar, juga batas terakhir pengumpulan PKM GT setelah direvisi.


Setelah itu, jreng jreng, sesi yang ditunggu datang :D Pengumuman pemenang PKMGT.com. Seorang mbak-mbak berkerudung maju ke depan, membacakan nama-nama pemenang. Jujur, saya lupa nama senior saya tersebut. Yang jelas, mbaknya itu pernah jadi asisten dosen mata kuliah STI di kelas saya, semester lalu.
Nominasi pertama adalah : Presenter Terbaik. What? Kaya' acara infotainment di TV ya. Hehehe. Bukaan, maksudnya itu adalah yang terbaik waktu menyampaikan presentasi. Dan ternyata yang menang, kelompok PKMnya mbak Fidah, teman sekelas saya. Yeey :D
Setelah itu, ada juga nominasi PKM terfavorit. Yang milih ya temen-temen seangkatan gitu. Pemenangnya adalah kelompok PKMnya Ujek, judulnya Online Kosan, solusi mudah mencari kost-kost an gitu. Yeeey :D bagus idenya, saya juga tertarik sih. hehe
Nah, lalu dilanjutkanlah ke pengumuman juara ketiga, yang menang lagi lagi teman sekelas saya, namanya Harum. Tapi saya lupa judul PKMnya apa :O
Lanjut ke juara kedua, mbaknya membaca dengan antusias, "Yaa,, lanjut ke juara kedua. Pemenangnya adalah PKM yang berjudul Eye Scanning for Safety Riding.. blablabla.."
Saya terhenyak. Shintya dan teman-teman cewek spontan melihat saya. "Yee, selamat!", ucap mereka. Saya tersenyum bahagia dan maju ke depan. Benar-benar! Ini tidak pernah saya pikirkan sebelumnya. Dan maju ke depan, di hadapan teman-teman seangkatan, sambil menerima kertas yang bertuliskan "Juara 2 PKM GT Competition" sungguh merupakan keajaiban. Wow!
Setelah berfoto dengan Ketua Departemen Riset dan Teknologi Himpunan Mahasiswa TC, saya duduk lagi, dan terus tersenyum karena tidak percaya.
Setelah itu, pengumuman juara pertama yang diraih oleh kelompok PKMnya Ade. Judulnya Puzzle-Q solusi untuk pembelajaran edukatif bagi siswa SD. Horeee :D
Akhirnya acara itu selesai juga, menyisakan raut kegembiraan di wajah saya. Inilah pertama yang bisa saya raih di TC, semoga saya bisa mendapatkan yang lebih baik lagi di sini. Hidup TC TC TC! :D

No comments:

Post a Comment