-->

Sunday, August 28, 2011

Kalkulus 1
Kalkulus 1

Kalkulus adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral dan deret tak terhingga. Kalkulus adalah ilmu mengenai perubahan, sebagaimana geometri adalah ilmu mengenai bentuk dan aljabar adalah ilmu mengenai pengerjaan untuk memecahkan persamaan serta aplikasinya. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik, serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.
Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.
Di mata kuliah yang terdiri dari 3 sks ini, mahasiswa dituntut untuk mampu memahami konsep-konsep dasar tentang koordinat grafik dan garis, limit dan kontinuitas, diferensial turunan, Integral dan aplikasinya.
Materi kalkulus 1 antara lain:
  • Koordinat Grafik dan Garis;Bilangan real dan garis bilangan, nilai mutlak, petidaksamaan, garis, lingkaran, parabola, fungsi dan grafik, identifikasi fungsi.
  • Limits dan Kontinuitas; Garis singgung dan laju perubahan, aturan dan teknik menghitung limit, definisi limit fungsi, Fungsi kontinu.
  • Diferensial/Turunan; Turunan suatu fungsi, aturan turunan, aturan rantai dan persamaan parametric, Turunan fungsi implisit, Notasi Delta.
  • Aplikasi Turunan; Laju-laju yang berkaitan, Penentuan interval naik, turun serta kecekungan fungsi, Nilai maksimum/minimum fungsi, Teorema nilai ratarata.
  • Integral: Integral tertentu, Teorema Fundamental Kalkulus Pertama dan aplikasinya, menghitung luas di bawah kurva.
    sumber: Katalog Teknik Informatika, Wikipedia

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

2 comments:

Contact Us

Email :

mentaryglossyta@gmail.com

Pages

Featured Listings