-->

Sunday, August 28, 2011

Sistem Digital
Sistem Digital


Mata kuliah ini juga hampir sama derajatnya dengan Pemrograman Terstruktur, membahas materi inti dari jurusan Teknik Informatika.
Di mata kuliah yang terdiri dari 4 sks ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam sistem bilangan, mampu melakukan penyederhanaan fungsi-fungsi boolean dengan menggunakan beberapa metode, mampu menjelaskan dengan benar fungsi dan karakteristik berbagai komponen sistem digital, yang meliputi rangkaian kombinasional dan rangkaian sekuensial, mampu menganalisis & melakukan perancangan sistem digital baik berupa rangkaian kombinasional maupun sekuensial, serta mampu memahami secara benar tahapan perancangan rangkaian sekuensial tak serempak (asynchronous).
Sistem digital membahas tentang:
  • Sistem Bilangan; Penjelasan Sistem Digital dan Analog, Sistem bilangan biner, octal, desimal dan heksadesimal, konversi antar sistem bilangan. Pengkodean BCD, Excess-3, 8-4-2-1, Gray, dan lain-lain.
  • Aljabar Boole dan penyederhanaan fungsi Boolean: Gerbang logika OR, AND. NOT, XOR, NAN. Tabel kebenaran, fungsi-fungsi Logika dan implemantasinya ke dalam gerbang logika, Bentuk SOP dan POS, Penyederhanaan fungsi boolean secara matematis dan Teori De Morgan, Penyederhanaan dengan K-Map, dan dengan Tabulasi.
  • Rangkaian Kombinasional: Adder, Subtractor, Decoder, Encoder, Multiplexer, Demultiplexer. Perancangan rangkaian kombinasional sederhana.
  • Synchronous Sequential Logic: Konsep rangkaian sequensial yang sinkron, SR Latch, Flip-Flop SR, JK, D, dan T, Pengenalan State Diagram, Analisa rangkaian sekuensial, Merancang rangkaian dengan menggunakan Flip-flop,
  • Register, Counter dan Memory: Konsep Register, Register dengan Parallel Load, Shift Register, Counter, Binary Up-Down Counter, Memory Decoding, Desain memori, Error Corection, Arsitektur ROM.
  • Algorithmic Satate Machine (ASM): ASM Chart, ASM Block, Timing Sequence, Desain Rangkaian dengan ASM Chart.
  • Asynchronous Sequential Logic (ASL): Konsep Dasar ASL, Transition Table, Flow Table, Race Condition. Contoh Desain rangkaian ASL, Penyederhanaan State dan Flow Table.

    sumber: Katalog Teknik Informatika, Google

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Email :

mentaryglossyta@gmail.com

Pages

Featured Listings