-->

Wednesday, October 24, 2012

Long Road to be Finalist Game Development Gemastik 2012
Udah "agak" lama saya pengen ngepost ini. Tapi karena jadwal yang padatnya seabrek (bukan artis kok, cuma mahasiswi yang lagi sibuk ngurus kuliah + lain lain), saya jadi belum sempat. Okee.. saya ingin bercerita tentang lomba pengembangan game Gemastik 2012. Baca yaa :)

4 Agustus 2012
Fida dan Shintya menawari saya untuk ikut bikin game dan dilombakan pada Pengembangan Game Gemastik 2012. Apa itu Gemastik? Cari tahu disini. Secara saya ini awam banget di bidang pemrograman game (karena kami bertiga belum dapet mata kuliah itu dan juga saya ga bisa ngoding -__-) awalnya saya ragu untuk mengiyakan. Tapi ternyata, mereka butuh saya untuk jadi designernya, bukan programmernya. Oke, saya bersedia. Dan dimulailah perjuangan kami untuk menyelesaikan game tersebut.

24 Agustus 2012
Hari terakhir untuk melakukan pendaftaran. Kami mendaftarkan tim kami yaitu Nurul Wakhidatul Ummah (Fida), Shintya Dwiarisa Puspita (Shintya) dan Mentari Queen Glossyta (Saya) dengan nama tim TCreatOS. TC pada dua huruf awal adalah nama jurusan kami, Teknik Informatika ITS.

28 Agustus 2012
Tahap awal dari lomba ini adalah mengirimkan proposal kepada panitia. Kami pun mengumpulkan proposal kami setelah menguras tenaga dan inilah penampakan covernya.
Jelajah merupakan game komputer yang bisa dimainkan dengan menggunakan dancepad, semacam game Pump It Up yang ada di mall mall. Bedanya, game ini berfitur budaya Indonesia.

4 September 2009 
Pada tanggal ini, diumumkan siapa saja tim yang lolos seleksi proposal. Hanya diambil 20 tim dari ratusan pendaftar. Dan inilah hasilnya.
Ga nyangka banget nama tim kami ada di daftar itu (meskipun terjadi kesalahan ketik, kurang huruf T di depannya). Bersama 1 tim lain yang sama sama dari ITS, yaitu senior kami. Setelah diumumkan 20 besar, maka kami pun membuat gamenya. Lalu dikumpulkan lagi prototypenya untuk diseleksi kembali.

25 September 2012
Pengumuman finalis 10 besar yang artinya wajib datang final di ITB Bandung. Dan lagi lagi keajaiban datang. Inilah hasilnya.
Yeaaay! Alhamdulillah. Padahal kami masih pemula di bidang pengembangan game. Yang awalnya iseng-iseng, bisa sampai pada tahap final. Lalu game kami poles lagi, dan tak lupa kami berlatih presentasi untuk final.

6 Oktober-12 Oktober 2012
Kami di Bandung. Kami beserta kontingen ITS, yang berhasil mengirimkan finalis terbanyak di berbagai bidang, yaitu 22 tim, menginap di Wisma Bina Marga, Jalan R.E Martadinata Bandung. Setelah melakukan presentasi dan demo program pada tanggal 10 Oktober 2012, pemenang diumumkan pada tanggal 11 Oktober 2012 malam. Tim kami tidak berhasil menyabet juara apa-apa di bidang pengembangan permainan. Namun, ITS berhasil menduduki juara ketiga Gemastik 2012. Tak apa! Pengalaman ini sangat berharga. Semoga tahun depan kami berkesempatan untuk mengikuti lomba ini lagi dan berhasil membawa pulang medali. Aamiin.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Email :

mentaryglossyta@gmail.com

Pages

Featured Listings