Friday, August 17, 2012

Dirgahayu Indonesia - 67 tahun

Ada yang sudah buka google hari ini? Udah lihat tampilannya? Sama seperti yang saya post kan? Hehe.. Ada yang tau ga itu maksudnya apa?
Hmm, apalagi kalau bukan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di tanggal 17 Agustus 2012 ini, yang ke 67 tahun :)

Sedikit curhat nih ya..
Semakin saya beranjak dewasa, kok kayanya nuansa kemerdekaan semakin "tidak terasa" begini. Dulu, waktu saya masih kecil, selalu aja setiap tahunnya ada lomba di kampung. Lomba makan kerupuk, balap karung, memasukkan belut ke dalam botol, memasukkan paku ke dalam botol juga, dan buanyak banget. Saya juga selalu ikut lombanya. Hehe. Tapi sekarang? Uda ga ada tuh di kampung dan daerah sekitar rumah saya.. Saya gatau sih apa hal yang sama juga terjadi di lingkungan rumah teman-teman, tapi rasanya semakin kurang gregetnya gitu.

Apa mungkin karena saya uda semakin dewasa dan tidak bersekolah lagi? Kalau dulu kan jaman masih SD, SMP, dan SMA setiap 17an ada upacara bendera. Jadi feel-nya dapet banget. Apalagi ada paskibraka juga, ada pasukan 17, 8, dan 45. Begitu waktu pengibaran bendera, pasti suasananya hening dan khidmat. Dulu waktu SMA, saya masuk paduan suara inti di sekolah. Jadi tiap 17an, juga ikut nyanyi. Nah, itu kerasa banget merinding2nya.. Sekarang, sudah mahasiswa? Udah jarang banget ada upacara kemerdekaan. Kenapa saya bilang jarang, bukannya emang ga ada? Hmm, sebenernya ada sih. Tahun lalu saat saya masih jadi mahasiswa baru di ITS, ada kok upacara 17 Agustus. Tapi yang wajib untuk datang hanya mahasiswa dari fakultas saya saja, yaitu Fakultas Teknologi Informasi. Tau ga suasananya kaya gimana? Krik krik bangeeet T.T Jadi kangen pas SMA dulu..

Tapi, tetep aja. Kalau emang sekarang uda ga kerasa gregetnya, itu karena siapa? Ya karena kita juga sih. Kalau emang upacara di perguruan tinggi itu krik-krik banget karena siapa? Ya karena kita juga. Jadi yaa.. Ikut memeriahkan lah ya, cuma setahun sekali nih. Apalagi ini hari bersejarah buat bangsa kita, buat negara kita. Seperti kata-kata ini:

"Jangan tanyakan apa yang sudah diberikan oleh negerimu, tapi pikirlah apa yang sudah kamu berikan untuk negerimu"
(dengan sedikit perubahan, karena saya lupa kata-katanya, hehe)

Sedikit doa dan harapan dari saya:
Dirgahayu ke 67 Indonesiaku, merdeka di sini bukan hanya ucapan, bukan hanya teori, tapi juga harus diresapi di hati.

No comments:

Post a Comment